FAKULTAS
EKONOMI
STUDENT
SATURDAY MARKET
BUSINESS
PLAN
SEBLAW
KULINER
VIDORI
NADATHERIAN / 1201503370
S1
AKUNTANSI
UNIVERSITAS
SUMATERA UTARA
MEDAN
2013
Nama
Perusahaan
|
SEBLAW
(Seblak Woles)
|
Bidang
Usaha
|
Kuliner/Makanan
|
Jenis
Produk
|
Seblak
|
Alamat
Perusahaan
|
Jl.
T.M Hanafiah Kampus USU Padang Bulan Medan
|
Nomor
Telepon
|
082167659333
|
Alamat
Email
|
|
Situs
Web/Blog
|
http://seblakwoles.blogspot.com/
|
Tanggal
Berdiri
|
01
Oktober 2012
|
Nama
|
Vidori
Nadatherian
|
Jenis
Kelamin
|
Laki-laki
|
Tempat,
Tanggal Lahir
|
Medan,
01 Desember 1994
|
NIM
Lengkap
|
120503370
|
Program
Studi
|
S1-Akuntansi
|
Alamat
|
Jl.
Pelajar Timur Gg. Kasih No. 10B, Medan
|
Telepon
|
082167659333
|
E-mail
|
|
Peran
dalam Perusahaan
|
Direktur
Umum
|
Nama
|
Agung
Ardityas
|
Jenis
Kelamin
|
Laki-laki
|
Tempat,
Tanggal Lahir
|
Medan,
01 Oktober 1993
|
NIM
Lengkap
|
120503212
|
Program
Studi
|
S1-Akuntansi
|
Alamat
|
Villa
Mulia Mas Blok B3 No. 13
|
Telepon
|
085373787015
|
E-mail
|
|
Peran
dalam Perusahaan
|
Manajer
Pemasaran
|
Nama
|
Muhammad
Fachmi Aulia
|
Jenis
Kelamin
|
Laki-laki
|
Tempat,
Tanggal Lahir
|
Bandung,
20 April 1994
|
NIM
Lengkap
|
120501142
|
Program
Studi
|
Ekonomi
Pembangunan
|
Alamat
|
Jl.
Beringin Raya No. 9 Kec. Helvetia Medan
|
Telepon
|
087822911014
|
E-mail
|
|
Peran
dalam Perusahaan
|
Manajer
Produksi
|
Nama
|
M.
Mujtahid Fikri
|
Jenis
Kelamin
|
Laki-laki
|
Tempat,
Tanggal Lahir
|
Medan,
17 Juli 1994
|
NIM
Lengkap
|
122101233
|
Program
Studi
|
D3-Keuangan
|
Alamat
|
Jl.
Pelajar Timur Gg. Kasih
|
Telepon
|
083199000989
|
E-mail
|
|
Peran
dalam Perusahaan
|
Manajer
Keuangan
|
Nama
|
Indi
Aprianto
|
Jenis
Kelamin
|
Laki-laki
|
Tempat,
Tanggal Lahir
|
Medan,
27 April 1993
|
NIM
Lengkap
|
120503366
|
Program
Studi
|
S1-Akuntansi
|
Alamat
|
Perum.
Menteng Indah Blok F1 No. 1
|
Telepon
|
085262116717
|
E-mail
|
|
Peran
dalam Perusahaan
|
Manajer
Logistik
|
Usaha yang kami beri nama
"Seblak Woles" ini berdiri pada tanggal 01 Oktober 2012 di Medan,
Sumatera Utara. Usaha ini didirikan oleh kami, 5 orang mahasiswa Fakultas
Ekonomi USU, yaitu Vidori Nadatherian, Agung Ardityas, Muhammad Fachmi Aulia,
Indi Aprianto dan M. Mujtahid Fikri. Bidang usaha kami berupa industri makanan
yang akan kami jual secara langsung. Usaha ini berada di Jl T. M. Hanafiah
Kampus USU Padang bulan, Medan, tepatnya di Business Hall Fakultas Ekonomi USU
dalam rangka Student Saturday Market. Usaha ini kami dirikan dengan tujuan
untuk mata kuliah Praktek Bisnis dalam materi perkuliahan kami.

1.
Kerupuk Udang : 0.4 ons
2.
Bawang putih : 1,5 siung
3.
Bawang merah : 1 siung
4.
Kencur : 1/8 potong
6.
Minyak Goreng
: 2 sendok makan
7.
Garam : 1 sendok teh
8.
Cabai rawit : 0,25 ons
Cara
pembuatan :
Nilai penjualan perhari yang
ditargetkan adalah 70 porsi dengan harga Rp. 8.000,00 yang berarti omset yang
kami dapatkan adalah Rp 560.000,00.
Nilai aset perusahaan sebesar modal
yang dibutuhkan dan alat-alat yang diperlukan untuk menjalankan operasinal
setelah diakumulasikan berjumlah Rp 480.000,00 dengan rincian:
-
Spatula :
Rp. 12.000,-
-
Kompor Gas : Rp. 45.000,-
-
Teflon :
Rp. 150.000,-
-
Panci :
Rp. 30.000,-
-
Gas 3 Kg :
Rp. 45.000,-
Total : Rp.
487.000,-
Pengembangan usaha dapat dilakukan
apabila rencana yang telah disusun berjalan dengan baik. Kami memperkirakan
usaha ini dapat menghasilkan laba yang cukup memuaskan sebab keuntungan dari
tiap produk yang akan dijual cukup besar. Namun harga jual yang patok masih
pada batas terjangkau bagi mahasiswa/i, dosen serta masyarakat lainnya. Serta
jenis produk yang akan kami jual merupakan produk yang dibutuhkan dan disukai
oleh masyarakat pada umumnya.
Usaha ini akan kami jalankan sesuai
dengan jadwal yang ditentukan untuk studi praktek bisnis. Selain itu kami juga
akan coba untuk memasarkannya pada teman-teman di fakultas lain sekitar USU.
Dan untuk rencana lebih jauh lagi, setelah program SSM ini, kami akan
melanjutkan usaha ini di sela-sela waktu kami ssebagai mahasiswa di fakultas
ekonomi USU.
Awalnya kami akan mencoba menjual 70
porsi Seblak Woles per SSM dengan harga Rp 8.000,00 yang berarti jika terjual
habis maka kami mendapat laba kotor sebesar Rp 560.000,00 yang jika
memungkinkan atau laaku keras kami akan menambah penjualaan
sebaanyak-banyaknya.
Dana yang
ada akan kami gunakan untuk kebutuhan yang kami perlukan dalam sekali SSM. Yang
mana kebutuhan kami sebagai berikut:
No
|
Nama
|
Jumlah
|
Biaya
|
1
|
Gas
|
3
Kg
|
Rp.
15.000
|
2
|
Pemasaran
|
Unlimited
|
Rp.
30.000
|
3
|
Total
|
Rp. 45.000
|
Total Cost = Fixed
cost + (Variable cost x 70)
= Rp. 45.000
+ Rp. (3.365 x 70)
= Rp. 45.000 + Rp. 235.550
= Rp. 280.550
Sumber dana kami berasal dari hasil pengumpulan uang dari
direktur dan seluruh anggota.
Semua dana yang terkumpul nantinya
akan kami gunakan untuk membeli bahan baku serta peralatan yang kami butuhkan
selama proses penjualan.
Ide usaha kami ini pertama kali
tercetus setelah diskusi yang cukup panas dan panjang di dalam forum kelompok
usaha kami, di mana setelah diskusi selama tiga hari yang menguras tenaga serta
pikiran tersebut akhirnya menarik kesimpulan untuk berjualan produk kuliner
yang mempunyai cita rasa tinggi serta membawa kekhasan suatu daerah yang memang
terkenal dengan wisata kulinernya.
Produk yang kami pilih ini mempunyai
rasa yang sangat gurih, asin serta pedas (bisa disesuaikan dengan permintaan
konsumen). Di mana cita rasa seperti ini pada umumnya sesuai dengan lidah orang
Indonesia yang menyukai cita rasa khas bumbu rempah-rempaah yang mempunyai
aroma yang dapat menghipnotis dan mengundang selera.
Nama produk kami sendiri adalah
seblak yang terbuat dari kerupuk udang yang direbus sampai lembut tetapi tidak
sampai hancur kemudian di tumis dengan bumbu yang telah di giling secara
bersamaaan. Kemudian dicampur dengan ongsengan telur yang mengairaahkan setalah
cukup matang disajikan di atas piring yang dituang saus sambal yang pedas.
Nama Seblak Woles sendiri diambil
dari cita rasa yang ketika dimakan akan menimbulakan perasaan woles atau
selow(dalam bahasa anak muda medan)dan bahasa ini sedang popular di kalangan
Mahasiswa USU.
Kami menjual produk ini karena
memiliki perbedaan dari produk lain selama SSM siklus pertama dan kedua.
Perbedaannya terletak pada kekhasan daerah yang kami bawa selain cita rasannya
yang berbeda dan nama produk yang popular.
Kami sangat yakin produk ini dapat
berkembang secara pesat karena kami juga telah melakukan tes pasar dan hampir
semua menyatakan menyukai produk kami ini. Berikut analisis SWOT dari produk
kami:
Strength:
-
Jarang ditemui di Medan
-
Cita rasa yang familiar dan tinggi
-
Harga terjangkau
-
Nama yang menarik
Opportunity:
-
Pasar sudah terbentuk
-
Peminat sudah mulai ada
Weakness:
-
Proses pembuatan yang cukup memakan
waktu
-
Tampilan yang masih dalam proses
penyempurnaan
Threats:
-
Mudah ditiru orang lain
Di sini pemasaran yang kami lakukan
pada produk kami yaitu melalui social media, mulut ke mulut. Sosial media yang
kami gunakan adalah twitter dan blog. Karena social media tersebut sedang
popular di kalangan mahasiswa. Alamat social media kami yaitu: https://twitter.com/seblakwoles
dan http://seblakwoles.blogspot.com/
Tempat yang kami gunakan untuk
pemasaran ini yaitu di halaman Fakultas Ekonomi USU yang mengadakan program
SSM. Dan harga yang kami bandrol juga tidak terlalu tinggi dan mudah terjangkau
oleh mahasiswa.
Kami juga sebisa mungkin terus dan
terus melakukan penyebaran informasi tentang keberadaan produk dan kelompok
bisnis kami kepada setiap orang yang kami temui dan kami kenal.
Untuk berjalannya strategi pemasaran
secara intens dan efektif kami membutuhkan jaringan internet yang unlimited
seharga Rp 30.000,00 dari sebuah provider internet. Ini kami lakukan untuk keperluan
blog dan twitter kami.
Karena rata-rata anggota kelompok
kami mempunyai BlackBerry maka kami juga melakukan atau membuat sebaran
broadcast message secara continiu atau berkelanjutan agar berita tentang produk
kami terus bergema. Untuk keperluan broadcast message tersebut kamu
mengeluatkan dana dari kantung pribadi karena untuk keperluan tersebut sejalan
dengan keperluan masing-masing anggota kelompok kami.
Hal ini cenderung efektif karena
hampir semua mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara memiliki
peralatan komunikasi yang serupa serta telah memiliki akun twitter yang sedang
populer dewasa ini. Untuk pembuatan blog sendiri lebih ditujukan untuk khalayak
di luar lingkungan Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara.
Strategi yang kami gunakan dalam pola pelayanan usaha ini
adalah dimulai dari mendesign logo perusahaan, logo yang kami gunakan di sini
menggunakan design yang sederhana yang dimana kami meletakkan nama perusahaan
kami sendiri. Dan teknologi yang kami gunakan pada proses pembuatan produk ini
juga cukup sederhana dan higienis seperti kompor yang dilengkapi tabung gas 3
Kg, lalu wajan ukuran sedang, lalu spatula. Dan strategi pelayanan yang akan
kami jalankan yaitu membungkus produk dengan menggunakan kotak yang berbahan
pelastik bening. SDM yang kami butuhkan di sini terdiri dari Direktur, Manajer
Pemasaran, Manajer Keuangan, Manajer Produksi, Manajer Logistik yang mana
masing-masing berperan sesuai bidangnya.
Untuk komponen bahan baku sendiri
kami mengambil bahan dari kualitas terbaik dan terjamin kualitas serta
kehigienisannya. Bahan baku kerupuk yang kami pakai adalah kerupuk udang kemasan
yang telah mendapat nomor registrasi dari depkes serta sertifikasi dari MUI
begitu juga dengan minyak goreng serta garam. Untuk bumbu rempah yang kami
pakai kami menggambil dari supermarket sehingga terjaga kualitasnya.
Untuk struktur organisasi sendiri
kami menempatkat satu orang direktur yang discover oleh empat orang manajer
yang berkompeten di bidangnya masing-masing. Direktur kami sendiri adalah
mahasiswa S1 akuntansi bernama Vidori Nadatherian yang mempunyai jiwa
kemimpinan yang tinggi serta integritas yang tidak diragukan lagi. Menejer pemasaran
kami juga merupakan mahasiswa S1 akuntansi bernama Agung Ardityas yang aktif di berbagai organisasi social yang
tentunya mempunyai banyak link untuk menyebarkan produk kami. Majener produksi
kami adalah mahasiswa S1 ekonomi pembangunan bernama M. Fachmi Aulia yang juga
berasal dari Bandung yang mengerti seluk beluk dari produk kami ini. Manajer
keuangan kami adalah mahasiswa DIII keuangan yang bernama M. Mujtahid Fikri
yang berkompeten dalam membuat analisi keuangan. Dan yang terakhir adalah
manajer logistik kami yang bernama Indi Aprianto yang selalu siap sedia
menyediakan setiap barang yang diperlukan selama proses produksi dan penjalan.
Harga Jual X Target Penjualan = Omset
Rp 8.000,00 X 70 = Rp 560.000,00
Nilai
aset perusahaan sebesar modal yang dibutuhkan dan alat-alat yang diperlukan
untuk menjalankan operasinal setelah diakumulasikan berjumlah Rp 480.000,00
dengan rincian:
-
Spatula :
Rp. 12.000,-
-
Kompor Gas : Rp. 45.000,-
-
Teflon :
Rp. 150.000,-
-
Panci :
Rp. 30.000,-
-
Gas 3 Kg :
Rp. 45.000,-
Total : Rp.
487.000,-
Strategi pemasaran yang kami lakukan
lebih menjurus pada system pemasaran melalui social media twitter dengan akun
@seblakwoles dan pemasaran dari mulut ke mulut kepada teman-teman Karen skup
pemasaran kami relative sempit yaitu hanya sekitar Fakultas Ekonomi USU.
Mengapa kami memilih social media
twitter sebagai wadah kami melakukan promosi terlebih kepada perkembangan zaman
di mana kebanyakan mahasiswa FE USU telah mengggunakannya sebagai media
berkomunikasi dan berinteraksi sesama mereka maupun di luar komunitas kampus,
sehingga kami merasa media ini sangat effektif.
Alternative lain yang kami gunakan
sebagai media berpomosi daan melakukan pemasaran adalah melalui broadcast
message yang tersedia di Black Berry Messenger (BBM) para anggota grup bisnis
kami. Kami akan melkukannya secaraa rutin kepada setiap mahasiswa/i yang
terdapat pada kontak BBM kami.
VI. Analisis
Keuangan
VI.1 Variable Cost (per Porsi)
No
|
Nama
Barang
|
Jumlah
Barang
|
Harga
Satuan
|
Jumlah
Harga
|
1
|
Kerupuk Udang
|
0.4 ons
|
Rp. 8.000/500 gr
|
Rp. 1000
|
2
|
Bawang Putih
|
1.5 siung
|
Rp. 100/suing
|
Rp. 150
|
3
|
Bawang Merah
|
1 siung
|
Rp. 100/suing
|
Rp. 100
|
4
|
Kencur
|
1/8 siung
|
Rp. 500/siung
|
Rp. 40
|
5
|
Telur
|
1 butir
|
Rp. 1.000/butir
|
Rp. 1.000
|
6
|
Minyak Goreng
|
2 sendok makan
|
Rp. 10.000/liter
|
Rp. 50
|
7
|
Garam
|
1 sendok teh
|
Rp. 1.000/bungkus
|
Rp. 25
|
8
|
Cabe Rawit
|
0.25 ons
|
Rp. 2.000/ons
|
Rp. 500
|
9
|
Tempat Plastik
|
1 buah
|
Rp. 300/buah
|
Rp. 300
|
10
|
Sendok Plastik
|
1 buah
|
Rp. 200/buah
|
Rp. 200
|
11
|
Total
|
Rp.
3.365
|
VI.2 Fixed Cost (Sekali SSM)
No
|
Nama
|
Jumlah
|
Biaya
|
1
|
Gas
|
3
Kg
|
Rp.
15.000
|
2
|
Pemasaran
|
Unlimited
|
Rp.
30.000
|
3
|
Total
|
Rp. 45.000
|
Total Cost = Fixed
cost + (Variable cost x 70)
= Rp. 45.000
+ Rp. (3.365 x 70)
= Rp. 45.000 + Rp. 235.550
= Rp. 280.550
Harga per
porsi x 70 – Total cost
= Rp. 8.000 x 70 – Rp. 280.550
= Rp. 279.450
Biaya total
produksi = Rp. 280.550
BEP harga = Total biaya produksi selama sekali
SSM : Jumlah Produksi
=Rp.
280.550: 70 porsi = Rp. 4.007
Harga jual per porsi = Rp. 8.000
BEP
produksi = Total biaya
produksi selama sekali SSM : Harga per porsi
= Rp 280.550 : Rp.8000 = 35 Porsi
Jadi,
untuk mencapai titik impas maka dalam sekali SSM harus terjual 35 porsi seblak
woles dengan harga Rp. 8.000
Harga Jual X Target Penjualan = Omset
Rp 8.000,00 X 70 = Rp 560.000,00
SEBLAW
5 MEI 2013
A.
PENERIMAAN
|
4 MEI
|
11 MEI
|
18 MEI
|
1 JUNI
|
Penerimaan Penjualan
|
Rp 560.000
|
Rp 560.000
|
Rp 560.000
|
Rp 560.000
|
Penerimaan Pinjaman
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Penerimaan Sub Total
|
Rp 560.000
|
Rp 560.000
|
Rp 560.000
|
Rp 560.000
|
B.
PENGELUARAN
|
|
|
|
|
Pembelian Aset (Investasi)
|
Rp. 45.000
|
Rp. 45.000
|
Rp. 45.000
|
Rp. 45.000
|
Pembelian Bahan Baku
|
Rp 235.550
|
Rp 235.550
|
Rp 235.550
|
Rp 235.550
|
Biaya Produksi Lain-Lain
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Biaya Administrasi Lain-Lain
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Angsuran Pokok
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Pengeluaran Sub Total
|
Rp. 280.550
|
Rp. 280.550
|
Rp. 280.550
|
Rp. 280.550
|
C.
SELISIH KAS
|
Rp 279.000
|
Rp 279.000
|
Rp 279.000
|
Rp 279.000
|
D.
SALDO KAS AWAL
|
Rp. 280.550
|
Rp. 280.550
|
Rp. 280.550
|
Rp. 280.550
|
E.
SALDO KAS AKHIR
|
Rp 279.000
|
Rp 279.000
|
Rp 279.000
|
Rp 279.000
|

Nama
: Vidori Nadatherian
NIM
: 120503370
Jabatan : Direktur Umum
Job
Desk : Di sini saya bertindak sebagai Direktur
Perusahaan, saya bertugas mengkoordinir
Teman
teman saya dalam menjalankan tugasnya. Saya yang bertanggung jawab atas segala
konsekuensi perusahaan sekaligus yang memutuskan setiap keputusan yang diambil
oleh perusahaan.
Nama
: Agung Ardityas
NIM
: 120503212
Jabatan
: Manajer Pemasaran
Job
Desk : Di sini saya bertindak sebagai Manajer Pemasaran, saya bertugas memasarkan atau Mempublikasikan
produk yang di buat oleh perusahaan, agar konsumen dapat mengetahui dan
tertarik dengan produk yang kami buat.
Nama
: Muhammad Fachmi Aulia
NIM
: 120501142
Jabatan : Manajer Produksi
Job
Desk : Di sini saya bertindak sebagai Manajer
Produksi,
saya bertugas memproduksi produk yang akan kami pasarkan, saya yang bertugas menentukan
semua yang berhubungan tentang produksi.
Nama
: Muhammad Mujtahid Fikri
NIM
: 122101233
Jabatan
: Manajer Keuangan
Job
Desk : Di sini saya menjabat sebagai Manajer
Keuangan,
saya bertugas memantau, membuat, dan mengontrol keuangan perusahaan agar keadaan
keuangan perusahaan dalam keadaan sehat.
Nama : Indi Aprianto
NIM
: 120503366
Jabatan : Manajer Logistik
Job
Desk : Di sini saya menjabat sebagai Manajer
Logistik,
saya bertugas menyediakan segala peralatan yang di butuhkan perusahaan dalam menjalankan
usaha ini.
TENGKYU SOMUCHHH INI NGEBANTU PISANNN LAH
BalasHapus